Market Review, Selasa 12 September 2023

sgbali

Nikkei

Saham Tokyo ditutup lebih tinggi pada hari Selasa (12/9), yang menghentikan penurunan tiga hari beruntunnya, menyusul kenaikan pada saham-saham AS.

Indeks acuan Nikkei 225 naik 0,95%, atau 308,61 poin, menjadi berakhir pada 32,776.37, sedangkan indeks Topix yang lebih luas naik 0,82%, atau 19,43 poin, menjadi 2,379.91.

Hang Seng

Saham Hong Kong ditutup di zona merah pada hari Selasa (12/9), terseret oleh perusahaan-perusahaan teknologi, karena investor bersiap untuk rilis data inflasi AS hari ini.

Indeks Hang Seng kehilangan 0,39 persen atau 70,56 poin menjadi 18.025,89.

Indeks Shanghai Composite merosot 0,18 persen atau 5,72 poin menjadi 3.137,06, sedangkan Indeks Shenzhen Composite di bursa kedua Tiongkok turun 0,08 persen atau 1,64 poin menjadi 1.951,27.

Emas

Harga kontrak berjangka emas berakhir turun pada hari Selasa (12/9) dan mencapai level terendah dalam tiga minggu saat para investor menantikan data indeks harga konsumen AS yang akan dirilis pada hari Rabu.

Pembacaan data ini memiliki signifikansi penting menjelang pertemuan kebijakan Federal Reserve pada bulan September dan dapat memberikan wawasan tambahan mengenai situasi inflasi di Amerika Serikat, “yang dapat secara signifikan memengaruhi harapan investor terkait dolar AS dan, sebagai akibatnya, perdagangan emas,” kata Rania Gule, analis pasar di XS.com.

Emas berjangka untuk pengiriman bulan Desember turun sebesar $12,10, atau 0,6%, untuk ditutup pada $1.935,10 per ons di Comex. Harga berdasarkan kontrak yang paling aktif ditutup pada level terendah sejak 22 Agustus, menurut Data Pasar Dow Jones.

Minyak

Harga minyak mencapai level penutupan tertinggi baru untuk tahun ini pada hari Selasa (12/9), dengan ekspektasi bahwa pemangkasan produksi oleh produsen utama akan menyebabkan defisit pasokan minyak mentah global pada kuartal keempat.

Analisis oleh Organisasi Negara-Negara Pengekspor Minyak (OPEC) menunjukkan bahwa jika kelompok produsen tersebut mempertahankan tingkat produksi Agustus sebesar 27,45 juta barel per hari hingga akhir tahun, pasar minyak global akan mengalami defisit lebih dari 3 juta barel per hari pada kuartal keempat, kata Herman Wang, kepala koresponden OPEC untuk S&P Global Commodity Insights.

Minyak mentah West Texas Intermediate untuk pengiriman bulan Oktober naik sebesar $1,55, atau 1,8%, untuk ditutup pada $88,84 per barel di New York Mercantile Exchange. Ini adalah penutupan kontrak depan tertinggi sejak 11 November, menurut Data Pasar Dow Jones.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

PERHATIAN!!!
MANAGEMEN PT. SOLID GOLD BERJANGKA (PT SGB) MENGHIMBAU KEPADA SELURUH MASYARAKAT UNTUK LEBIH BERHATI-HATI TERHADAP BEBERAPA BENTUK PENIPUAN YANG BERKEDOK INVESTASI MENGATASNAMAKAN PT SGB DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA ELEKTRONIK ATAUPUN SOSIAL MEDIA. UNTUK ITU HARUS DIPASTIKAN BAHWA TRANSFER DANA KE REKENING TUJUAN (SEGREGATED ACCOUNT) GUNA MELAKSANAKAN TRANSAKSI PERDAGANGAN BERJANGKA ADALAH ATAS NAMA PT SOLID GOLD BERJANGKA, BUKAN ATAS NAMA INDIVIDU.